Deskripsi Singkat Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam merupakan satu-satunya prodi yang berada di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara sekaligus menjadi pusat pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian serta pengembangan ilmu komunikasi dan penyiaran Islam. Prodi ini berkonsentrasi penuh dalam upaya mewujudkan tenaga-tenaga yang memiliki kompetensi ideal di bidang komunikasi dan penyiaran Islam, memiliki kapabilitas, integritas keilmuan, serta memiliki wawasan keislaman yang berhaluan ahlus sunnah wa al-jama’ah an-nahdliyyah. Selama ini, telah mengembangkan kompetensi lulusan dengan membentuk corner public speaking, broadcasting, jurnalistik dan perfilman. Kehadiran KPI TV dengan beragam sarana yang dimilikinya mampu menjadikan Prodi KPI semakin eksis dalam membekali kompetensi praktis bagi mahasiswanya. Lulusan Prodi KPI menyandang gelar Sarjana Sosial (S.Sos.).

Lulusan Prodi KPI terserap menjadi dosen, wartawan, penyiar radio, penggiat media, desain dan layouter, fotografi, MC, pemerintahan, guru produktif broadcasting dan pengusaha.

Kompetensi lulusan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara ditentukan melalui kajian terlebih dahulu penjabaran visi-misi-tujuan dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats) dan analisis kebutuhan pasar. Profil lulusan yang terbentuk disesuaikan dengan hasil pengkajian Asosiasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (ASKOPIS) dan amanat workshop penguatan program studi yang diselenggarakan oleh Kopertais X Jawa Tengah pada hari Kamis, 13 April 2017  bertempat di Kampus STAINU Temanggung, Jln. Suwandi-Suwardi KM. 02 Temanggung.

Adapun kompetensi dan profil lulusan dapat dideskripsikan sebagai berikut :

NoProfil/Kompetensi LulusanDeskripsi Profil
1.Akademisi dan Peneliti bidang Komunikasi (dan Dakwah) IslamMenjadi sarjana yang ahli dan konsen di bidang komunikasi (dan dakwah) Islam serta turut mengembangkan ilmu komunikasi dalam rangka dakwah Islam melalui riset-riset.
2. Praktisi Komunikasi DakwahMenjadi sarjana yang ahli dan konsen menggunakan prinsip-prinsip ilmu komunikasi (dan dakwah) Islam dalam rangka dakwah Islam, misalnya mahir dalam da’i, kehumasan (MC), perfilman, fotografi, desain dan layout.
3. Jurnalis atau Broadcaster (pilihan konsentrasi)Menjadi Sarjana yang ahli dan konsen di bidang jurnalistik atau broadcasting sebagai salah satu jalan untuk menyiarkan Islam melalui media massa (radio, televisi, dan media online).

Untuk menunjang kompetensi keilmuan bagi mahasiswa, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Prodi KPI menyediakan corner-corner  yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam meningkatkan skill dan kemampuan teoretis-praktis dalam bidang keahlian yang dipilih. Corner yang disediakan terdiri dari 4 (empat) bidang, yaitu :

1) Corner Jurnalistik

2) Corner Broadcasting

3) Corner Public Speaking

4) Corner Perfilman


Keberadaan laboratorium KPI yang kini telah lengkap sarana prasarana pendukungnya telah mampu menopang kreatifitas dan kompetensi mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuan/kompetensi dengan didukung hadirnya KPI TV dan Radio RIFADA-FM sebagai media pembelajaran mahasiswa yang mengintegrasikan teori dan praktik di lapangan.