Talk Show KPI TV (Bincang Pagi); Dialog Spesial Bersama Komisi Pemilihan Umum Jepara

Talk Show KPI TV (Bincang Pagi); Dialog Spesial Bersama Komisi Pemilihan Umum Jepara

KPI TV Unisnu Jepara – Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara menyelenggarakan kegiatan talk show yang dimotori KPI TV pada Jum’at (20/05/2022). 

Talk show bincang pagi kali ini mengambil tema “Dialog Spesial Bersama Komisi Pemilihan Umum Jepara”. Yang bertempat di laboratorium kpi tv dengan mengadirkan narasumber ketua dari KPU Jepara.

Subchan selaku narasumber menjelaskan, peran KPU adalah suatu Lembaga yang mengurus tahapan berjalannya pemilu, baik pemilu nasional ataupun pemilu bupati, gubernur dan walikota. Karena KPU memiliki tugas oleh UU untuk melaksanakan tahapan pemilu. 

Dalam pelaksanaan pemilu, KPU menegaskan kesiapannya menyelenggarakan Pemilu dan Pemilihan 2024. Kesiapan tersebut mencakup enam hal penting, yaitu simulasi pelaksanaan tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024, pemutakhiran data pemilih, Sumber daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana, anggaran dan teknologi informasi. Kesiapan KPU tersebut tentu membutuhkan dukungan penuh pemerintah dan pemerintah daerah (pemda).

Hal tersebut disampaikan oleh ketua KPU Jepara Subchan Zuhri, S.Pd.I saat menjadi narasumber dalam talkshow bincang pagi yang diadakan oleh KPI TV Fakultas Dakwah dan Komunikasi Unisnu Jepara pada hari jum’at 20 Mei 2022.

Strategi KPU dalan memberikan edukasi ke masyarakat atau biasa disebut Pendidikan pemilih dalam KPU adalah Pendidikan pemilih yang tujuan akhirnya adalah meningkatkan partisipasi pemilih baik dari sisi kuantitas maupun kualitas tentu membutuhkan upaya yang ekstra keras dari segenap jajaran penyelenggara pemilu didukung oleh instansi terkait dan masyarakat. Hal pertama yang harus ditentukan dalam pelaksanaan pendidikan pemilih adalah menentukan skala pritoritas dalam penentuan target pendidikan pemilih. 

Subchan selaku ketua KPU Jepara dan juga alumni dari kampus Unisnu Jepara mengatakan unisnu adalah kampus terbaik dan layak untuk dipilih sebagai jenjang s1 untuk masyarakat umum terutama masyarakat jepara, karena secara kualitas sudah sangat berkembang sejak merger menjadi unisnu yang sebelumnya adalah masih inisnu. Dan Subchan juga berharap aka nada alumni-alumni unisnu yang akan melanjtukan estafet di KPU Jepara. (Fawwas)



Admin FDK

Komentar