Talk Show KPI TV (Bincang Pagi); Dukung Kemandirian Ekonomi melalui Baznas

Talk Show KPI TV (Bincang Pagi); Dukung Kemandirian Ekonomi melalui Baznas

KPI TV.Com – Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Fadakom) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara menyelenggarakan kegiatan talk show yang dimotori oleh KPI TV, Jumat (02/12/2022). 

Talk show bincang pagi yang di laksanakan oleh KPI TV kali ini menghadirkan narasumber ketua Baznas Kabupaten Jepara Sholih. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan juga wawasan mengenai apa saja peran dan tugas baznas itu sendiri. 

Sholih selaku narasumber mengatakan baznas adalah Badan Amil Zakat Nasional yaitu  Lembaga pemerintah non struktural yang pimpinannya diangkat oleh pemerintah daerahnya masing-masing yang berkecimpung dalam amil zakat nasional. Baznas  bertugas untuk memungut dan menerima zakat dari masyarakat, mendistribusikannya, dan mengadministrasikan dengan mempertanggungjawabkannya. Disamping zakat itu sendiri, baznas juga melayani dengan beribadah dan mempertanggungjawabkan dengan mendistribusikan zakat ke 8 mustahiq terutama untuk fakir dan miskin.

“Baznas sendiri memiliki beberapa program penting, yaitu Jepara Sehat, Jepara Pintar, Jepara Makmur, Jepara Taqwa, dan Jepara Peduli. Akan tetapi Yang menjadi prioritas adalah Jepara Makmur karena mencakup segala bentuk aspek kehidupan”, terangnya. 

Sholih menambahkan, masyarakat dapat menyalurkan bantuannya secala fleksibel, masyarakat dapat menyalurkan bantuanya lewat media social, transfer, telepon, dan atau datang langsung ke kantor baznas. “Untuk lokasi Kantor Baznas sendiri berada di Jl. Ki Mangunsarkoro, Panggang III, Panggang, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara”, jelasnya.

Sholih berharap, “orang yang sudah memenuhi zakat mal supaya untuk berzakat, hal tesebut bertujuan untuk membersihkan harta itu sendiri dan zakat juga termasuk kewajiban orang-orang yang mampu”, pungkasnya.

Video lengkap kunjungi Channel Youtube KPI UNISNU


Admin FDK

Komentar