Talk Show KPI TV (Bincang Pagi); Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024

Talk Show KPI TV (Bincang Pagi); Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024

KPI TV Unisnu Jepara – Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Fadakom) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara menyelenggarakan kegiatan talk show yang dimotori oleh KPI TV, Jumat (23/09/2022). 

Talk show bincang pagi yang di laksanakan oleh KPI TV kali ini menghadirkan narasumber ketua Bawaslu Kabupaten Jepara Sujiantoko. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan juga wawasan mengenai apa saja peran dan tugas bawaslu itu.

Sujiantoko selaku narasumber mengatakan bawaslu adalah Lembaga penyelenggara pemilu yang berkecimpung dalam tahapan pengawasan. Bawaslu bertugas melakukan pengawasan seluruh tahapan dari awal tahapan pemilu dimulai hingga akhir tahapan selesai. Tahapan-tahapan tersebut yakni mulai dari recruitment penyelenggara pemilu, pendaftaran peserta politik, kemudian pendaftaran calon-calonnya sampai dengan pengawasan logistic kampanye dan juga dalam pemungutan dan penghitungan suara. Bawaslu tidak hanya melakukan pengawasan terhadap jalannya pemilu, bawaslu juga melakukan pengawasan terhadap KPU karena semua harus sesuai dengan aturan yang telah di ada.

Dalam pemilu serentak tahun 2024 nanti Bawaslu sudah mulai mempersiapkan tahapan-tahapan untuk pemilu 2024. Sekarang ini sudah masuk ketahapan verifikasi pendaftaran peserta pemilu yakni verifikasi administratif, jadi setiap saat bawaslu terus mengupdate data peserta pemilu khususnya partai politik.

Sujiantoko menambahkan, bawaslu selalu melakukan pengawasan melekat kepada teman-teman KPU yang menyelenggarakan pemilu yang akan datang untuk tetap dikawal dengan baik soal daftar pemilih pemilu. Soal kesiapan yang lain yang dilakukan bawaslu adalah bawaslu membuka pendaftaran penyelenggara ad hoc yaitu pengawas kecamatan yang sudah dibuka mulai tanggal 21 September sampai tanggal 27 september 2022. Diadakannya pendaftaran ini diharapkan bisa membantu bantuan kepada bawaslu dalam melakukan tugas-tugas dilapangan, khususnya diwilayah kecamatan itu sendiri.

Sujiantoko berharap dalam pemilu 2024 ini adalah pemuda milenial harus peduli akan demokrasi. Harus memilih dan memberikan informasi positif. Ikutlah berpartisipatif dalam mensosialisasikan pelaksanaan pemilu, dan juga memberikan isu-isu positif kepada masyarakat, jangan mudah terprovokasi informasi-informasi hoax. (Fawwas)


Video Selengkapnya:
KPI UNISNU


Admin FDK

Komentar