Talk Show KPI TV; Menyongsong KKN Berbasis Pengabdian di Desa

Talk Show KPI TV; Menyongsong KKN Berbasis Pengabdian di Desa

Tahunan - KPI TV – Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Fadakom) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara menyelenggarakan kegiatan talk show yang dimotori KPI TV pada kamis (20/01/2022). 

Talk show bincang pagi kali ini mengambil tema “Menyongsong Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pengabdian di Desa”. Talk show bertempat di laboratorium kpi tv dengan mengadirkan narasumber ketua PPKN sekaligus Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat LPPM Unisnu Jepara. 

Azzah selaku narasumber mengatakan peran LPPM adalah merencanakan dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan monitoring serta evaluasi pengembangan bidang pengabdian di masyarakat.

Azzah menambahkan konsep pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Angkatan ini mengusung konsep terjun langsung kelapangan (luring). KKN taun ini sedikit berbeda dari Angkatan-angkatan sebelumnya waktu awal pandemi, yang pelaksanaanya sepenuhnya online (daring). 

Kuliah Kerja Nyata tahun ini ada 2 bentuk, yakni kolaborasi dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis kemitraan. Bentuk kolaborasi yaitu mahasiswa ikut berperan, berkolaborasi melaksanakan kegiatan yang itu merupakan program dari organisasi yang ada dimasyarakat, dan itu dilakukan oleh peserta KKN secara kolaborasi antara kelompok dan organisasi. Sedangkan bentuk pengabdian berbasis kemitraan yaitu program yang diusung peserta Kuliah Kerja Nyata berdasarkan permasalah mitra yang dilakukan oleh tim pengabdi.

Azzah menambahkan dalam Kuliah Kerja Nyata kali ini dibagi di 7 kecamatan yang didalamnya terdapat 74 desa di Kabupaten Jepara Jawa Tengah, dan untuk dari segi perizinan dan yang lainnya sudah ditangani oleh pihak yang bertugas.

Output yang diharapkan dari mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata harapanya para mahasiswa dapat menghasilkan laporan pengabdian kepada masyarakat, selanjutnya yaitu artikel yang nantinya bias dipublikasikan baik itu di prosiding maupun dijurnal ilmiah. Selain itu juga adanya video kegiatan pengabian tersebut.

Azzah berharap mahasiwa benar-benar bias mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat di Universitas sendiri, dan juga bias bersinergi Bersama baik dengan internal tim peserta itu sendiri dan juga belajar beradaptasi, menghargai dan memahami, baik itu dengan pemerintah desa, kelompok masyarakat.

Kegiatan talk show kali ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan juga motivasi kepada para mahasiswa yang sudah terjun kemasyarakat dalam Kuliah Kerja Nyata tahun ini tetap semangat dan kompak, dan untuk para mahasiswa semester bawah yang belum melaksanakan Kuliah Kerja Nyata bisa dijadikan sebagai motivasi untuk kedepanya. (Fawwas)

Selengkapnya simak di video berikut :



Admin FDK

Komentar